Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 (FIRMA)

Firma adalah perusahaan yang didirikan oleh beberapa orang dimana pada umumnya para pendiri yang sekaligus pemilik merangkap manajemen. Firma juga disebut juga persekutuan.

Tujuan pendirian firma biasanya menghendaki adanya usaha yang lebih luas dan permodalan yang lebih kuat dibanding perusahaan perseorangan.

Keanggotaan firma dibagi menjadi 2 :
1.    Anggota Aktif yaitu anggota yang secara aktif ikut menjalankan firma.
2.    Anggota Pasif yaitu anggota/pemilik yang secata organisasi tidak langsung menangani operasi sehari-hari (biasanya hanya menanamkan modal dan biasanya Sleeping Partner).

Dalam pendirian suatu persekutuan seperti firma biasanya sebelum beroperasi para anggota membuat suatu perjanjian atau akta, dimana akta ini paling tidak meliputi :
1.    Tempat berdirinya firma.
2.    Usaha yang akan dimasuki.
3.    Syarat keanggotaan.
4.    Kepengurusan.
5.    Pembagian laba/rugi.
6.    Pengambilan prive.
7.    Dan sebagainya.

Dalam perusahaan firma bisa diidentifikasi karakteristiknya dibanding perusahaan perseorangan sbb :
1.    Mutual Agency (tanggung jawab rentang), artinya anggota dalam beroperasi mewakili seluruh anggota firma.
2.    Limited Life (umur terbatas), firma yang didirikan oleh beberapa anggota mempunyai umur terbatas yaitu apabila salah satu anggota lama keluar berarti firma tsb bubar dan apabila dilanjutkan dianggap firma baru demikian juga apabila anggota baru masuk.
3.    Un Limited Liability (kewajiban tak terbatas), setiap anggota firma harus ikut menanggung kewajiban keuangan tidak terbatas hanya modal yang disetor tetapi apabila diperlukan sampai harta pribadi.
4.    Interest In Partnership (hak dalam keanggotaan), pada perusahaan firma hak dalam persekutuan dibatasi oleh perjanjian bahwa haknya hanya terbatas pada sisa modal terakhir.
5.    Participating ini Partnership Profit, yaitu laba dibagikan pada masing-masing anggota berdasar partisipasi atau aktivitas dari masing-masing anggota pada perolehan laba. Apabila seorang anggota merupakan anggota pengurus, anggota tsb akan memperoleh laba lebih besar dibanding anggota diam (Silent Partner).

Pada waktu firma didirikan, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi atas pendirian firma, yaitu :
1.    Firma baru, semua anggota menyetor asset.
2.    Firma didirikan dari perusahaan perseorangan dan anggota lain tidak punya usaha.
3.    Firma didirikan dari beberapa usaha perseorangan.


Soal !!!

Setoran Tn. Yusuf ketika firma Yusuf dan Yunus didirikan adalah :


Setoran Yunus adalah surat berharga harga pokok Rp 300.000,- dengan harga pasar Rp 200.000,- ditambah Kas sampai dengan modal firma berjumlah Rp 2.000.000,-

Diminta :
a.    Buat jurnal untuk mencatat setoran kedua anggota firma.
b.    Buat neraca awal firma.

Jawab :

a.    Jurnal



b.     


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Akuntansi Perusahaan Jasa